Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Sebanyak 7.336 orang warga yang tergolong dalam Rumah Tangga Sangat Miskin di Kota Bengkulu akan mendapat bantuan Program Keluarga Harapan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

"Kuota penerima bantuan Program Keluarga harapan (PKH) berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Perlindungan Sosial sebanyak 7.336 Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang selanjutnya akan kami validasi lagi untuk mengetahui apakah mereka memenuhi kriteria atau tidak," kata Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu, Sri Sumaya, Minggu.

Sri mengatakan,petugas pendamping berjumlah 22 orang ditambah satu orang operator telah memberikan undangan kepada warga calon penerima PKH untuk mengikuti validasi pertemuan awal dijadwalkan paling lambat sekitar 5-6 November 2012.

"Dari pertemuan tersebut nantinya baru akan diketahui warga miskin yang memenuhi kriteria penerima PKH itu," ujarnya.

Ia menjelaskan, PKH merupakan bagian dari program percepatan penanggulangan kemiskinan Kementerian Sosial Republik Indonesia. Program tersebut merupakan kebijakan dari pemerintah di bidang perlindungan sosial melalui pemberian bantuan tunai kepada RTSM.

PKH bertujuan jangka panjang untuk memutuskan mata rantai kemiskinan sedangkan tujuan jangka pendeknya meringankan beban warga yang tergolong dalam RSTM.

Kriteria penerima bantuan tunai PKH tersebut selain tergolong miskin yakni memenuhi syarat berupa terdapat ibu hamil atau nifas, anak balita dan anak usia sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama.

Mereka akan menerima bantuan tetap sebanyak Rp200.000, bila ada ibu hamil akan ditambah Rp800.000 dan anak SD-SMP Rp400.000 dengan total per tahun maksimal Rp2,2 juta.

"Kriteria warga miskin tersebut berdasarkan data BPS di 2011 yang dikelola di tim percepatan penanggulangan kemiskinan pusat, tidak melalui kami sehingga divalidasi lagi untuk menentukan besaran bantuan yang akan mereka terima," ujarnya.

Pada 2012, Kota Bengkulu hanya mendapatkan kucuran dana PKH bagi RSTM untuk triwulan terakhir (September-November). Sedangkan di 2013 hingga lima tahun ke depan bantuan akan diberikan sejak Januari. (ANT)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012