Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu menginformasikan, prakiraan gelombang laut di Barat Bengkulu mencapai tiga meter, lebih tinggi dari sebelumnya dua meter.

Sementara gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano 2,5 meter juga lebih tinggi dari sebelumnya dua meter, kata anlisis BMKG staiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi, Selasa. Ia menjelaskan, angin di perairan Barat Bengkulu berhembus dari arah Utara hingga Tenggara dengan kecepatan berkisar 08-20 knots.

Selanjutnya angin di perairan Bengkulu berpeluang berhembus dari arah Barat daya hingga Timur laut dengan kecepatan antara 05-18 knots. Sedangkan gelombang laut di perairan Enggano berhembus dari arah Timur laut hingga Tenggara dengan kecepatan antara 07-18 knots, di wilaya itu akan terjadi hujan lebat.

Pada peringatan dini BMKG 12 jam ke depan akan terjadi gelombang tinggi antara dua hingga tiga meter antara lain di perairan Enggano, perairan Lampung hingga Selat Sunda dan Perairan Banten. Sedangkan gelombang laut antara tiga hingga 3,5 meter akan terjadi di perairan Samudera Hindia Barat Daya Enggano hingga Selatan Jawa Barat.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah P. Sumatera, Selat Malaka, Kep. Mentawai dan Samudera Hindia Utara Aceh hingga Barat Daya Lampung. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat Daya hingga Timur Laut dengan kecepatan 08 - 32 km/ jam atau 05 - 18 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu sebagian besar terjadi hujan ringan antara lain di Mukomuko, Kota Bengkulu hingga Kabupaten Lebong, suhu udaranya berkisar 20-30 derajat celcius dan kelembaban antara 68-99 persen.

Namun di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur berpeluang turun hujan lebat, dengan suhu udara berkisar 22-30 derajat celcius dan kelembaban antara 67-99 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012