Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu menyebutkan prakiraan tinggi gelombang laut di barat Bengkulu berpotensi mencapai empat meter.

"Gelombang laut setinggi tiga hingga empat meter itu juga berpotensi terjadi di perairan selatan Jawa Barat," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu, Diah Novita Astuti, Rabu.

Ia mengatakan pada prakiraan saat ini gelombang laut di barat Bengkulu masih tiga meter, namun potensi mencapai empat meter itu dipantau berdasarkan peringatan dini BMKg untuk kurun waktu 12 jam ke depan. Sementara gelombang laut di perairan Enggano 2,5 meter dan gelombang laut di perairan Bengkulu tingginya dua meter.

Angin di perairan Samudra Hindia Barat Bengkulu bertiup dari arah Utara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 08-20 knots. Selanjutnya angin di perairan Enggano bertiup dari arah Timur laut hingga Tenggara dengan kecepatan berkisar 07-18 knots, di wilayah itu berpotensi hujan lebat.

Sedangkan angin di perairan Bengkulu bertiup dari arah Timur laut hingga Barat daya dengan kecepatan berkisar 05-18 knots, di wilayah itu berpeluang hujan ringan. Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Aceh, sebagian Sumatera Utara, Selat Malaka hingga Sumatera Barat.

Selain itu juga terjadi di wilayah Mentawai, sebagian Bengkulu dan Lampung, Selat Sunda, dan Samudera Hindia Utara Aceh hingga Selatan Jawa Barat. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan 08 - 32 km per jam atau 05 - 18 knots.

"Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya hujan ringan pada sore hingga malam hari, terutama di Bengkulu Utara, Seluma dan Bengkulu Selatan, suhu udara 23-31 derajat Celcius, dan kelembaban 63-98 persen," ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012