Jakarta, (ANTARA Bengkulu) - Megawati Soekarnoputri berharap dengan pemberian gelar Pahlawan Nasional maka tidak ada lagi ketakutan untuk membicarakan pikiran-pikiran Soekarno.
        
Hal itu disampaikan Megawati Soekarnoputri di Istana Negara, Rabu siang, seusai menghadiri upacara penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada Soekarno dan Mohammad Hatta oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
        
"Sehingga dengan demikian penegasan yang diberikan kepada negara dan bangsa pada ... Bung Karno... sehingga tidak ada lagi ketakutan untuk membicarakan pikiran Bung Karno," kata Megawati.
        
Menurut Megawati, mereka yang dulunya berjuang sebagai pengikut Bung Karno maka hari Rabu ikut berbahagia.
        
"Gelar pahlawan itu Pahlawan Nasional terutama, merupakan gelar tertinggi dari seluruh sebutan yang ada di dalam kriteria tanda jasa dan kehormatan," katanya.
    
                               Hapus stigma
   
Ia berharap dengan adanya gelar Pahlawan Nasional itu maka menghapus stigma yang selama ini ada.
        
Pada kesempatan itu Megawati juga mengatakan jika gelar pahlawan yang diberikan pada kedua tokoh nasional sebagai suatu yang wajar.
        
"Itu suatu hal yang sangat wajar, seharusnya ini diberikan sejak dulu," katanya.
         
Gelar Pahlawan Nasional Bung Karno diterima oleh Guntur Soekarnoputra selaku putra sulung Bung Karno dan Fatmawati.
        
Selain Guntur, sejumlah putra putri Bung Karno yang lain juga hadir antara lain Megawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, Rahmawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Bayu Soekarnoputra dan Kartika Soekarnoputri.
        
Hadir juga bersama mereka cucu-cucu Bung Karno. (ant)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012