Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, prakiraan gelombang laut di perairan Bengkulu mencapai tiga meter.

Prakiraan gelombang laut tiga meter itu, juga berpotensi terjadi di perairan Enggano, perairan barat Bengkulu hingga perairan Lampung, kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno di Bengkulu, Suparwi, Kamis. Ia mengatakan,  angin di perairan Bengkulu bertiup dari arah timur laut hingga barat daya dengan kecepatan 5-20 knot, dan di wilayah ini berpeluang hujan sedang.

Angin di perairan Enggano bertiup dari arah tenggara hingga selatan dengan kecepatan 8-20 knot, dan di wilayah itu juga berpeluang hujan sedang. Sedangkan angin di perairan barat Bengkulu bertiup dari arah timur hingga selatan dengan kecepatan 8-20 knot, dan di wilayah itu berpeluang hujan lebat.

Berdasarkan pantauan citra satelit cuaca 12 jam ke depan, terjadi liputan awan dan hujan sebagian wilayah Sumatera mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu hingga barat Lampung.
Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah timur laut hingga barat daya dengan kecepatan 8-36 km/jam atau 5-20 knot.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya tetap terjadi hujan ringan pada sore hingga malam hari, mulai dari Mukomuko, Kota Bengkulu, Kaur hingga Rejang Lebong, dengan suhu udaranya berkisar 19-30 derajat Celcius dan kelembaban antara 67-98 persen. BMKG mengimbau masyarakat Bengkulu tetap waspada akan ancaman hujan lebat dan gelombang tinggi yang berpotensi besar dapat menimbulkan bencana alam.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012