Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan bantuan permodalan untuk 100 Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang dibentuk di daerah itu tahun ini mencapai Rp2 miliar.

Kepala Dinas Sosial Rejang Lebong, Zulfan Efendi yang dihubungi di Rejang Lebong, Minggu mengatakan pembentukan 100 Kube di wilayah itu sudah terbentuk dan tinggal menunggu pelatihan dari pihak Kemensos-RI.

Baca juga: 10 napi Lapas Curup bebas setelah memperoleh remisi

"Ada 100 Kube yang terdiri dari 50 Kube perkotaan dan 50 Kube pedesaan dengan total anggaran bantuan disiapkan Kemensos-RI sebanyak Rp2 miliar. Jadi  Kube dengan 10 anggota akan menerima total Rp20 juta, atau Rp2 juta per orangnya," kata dia.

Bantuan modal usaha Kube dari APBN dan dana dekonsentrasi provinsi ini tambah dia, diberikan pemerintah guna mengentaskan kemiskinan melalui penciptaan lapangan usaha terutama sektor perdagangan maupun pengembangan potensi yang dimiliki masing-masing desa.

"Jika ada 100 Kube yang menerima bantuan program ini, di mana setiap Kube-nya beranggotakan 10 orang warga miskin berarti sudah ada 1.000 orang yang berhasil dibantu dalam program ini," jelas dia.

Baca juga: Produksi perikanan darat Rejang Lebong 5.350 ton per tahun

Adapun 100 Kube yang sudah mereka bentuk sejak beberapa bulan lalu adalah Kube perkotaan yang dibentuk untuk menampung warga tidak mampu di masing-masing kelurahan, dan Kube pedesaan khusus untuk menampung kalangan warga tidak mampu di pedesaan.

Program Kube yang akan diluncurkan dalam waktu dekat adalah pelatihan para anggotanya berupa bimbingan teknis (Bimtek) oleh petugas dari Kemensos-RI yang akan dilaksanakan pada 19-20 Agustus.

Ia berharap, program pembentukan KUBE di Kabupaten Rejang Lebong tersebut bisa ditambah oleh pemerintah pusat terutama untuk sejumlah kecamatan di wilayah Lembak seperti di Kecamatan Padang Ulak Tanding, Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir beberapa kecamatan lainnya yang kantong-kantong penduduk miskinnya banyak.* 

Baca juga: Distankan Rejang Lebong: Kopi asal Vietnam diduga turunkan harga jual kopi petani
Baca juga: Polisi amankan enam pelajar pesta miras di aula Kantor Camat Curup Selatan

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019