Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu mengimbau para nelayan di pesisir Bengkulu untuk mewaspadai hujan lebat di perairan Bengkulu.

"Prakiraan akan terjadi hujan lebat itu diperairan Enggano dan perairan Barat Bengkulu," kata analisis BMKG stasiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Senin. Ia menjelaskan, ancaman hujan lebat itu diprakirakan akan diiringi gelombang laut tinggi tiga meter dan angin kencang, sehingga membahayakan perahu dan kapal nelayan.

Angin di perairan Bengkulu berhembus dari arah Timur luat hingga Barat daya dengan kecepatan berkisar 05-18 knots dan gelombang laut tiga meter. Selanjutnya angin di perairan Enggano berhembus dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 05-20 knots.

Sedangkan angin di perairan Barat Bengkulu juga berhembus dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan antara 08-20 knots dan gelombang lautnya tiga meter. Pantauan citra satelit cuaca, kata dia, terlihat liputan awan dan hujan berada di sebagian besar wilayah Sumatera dan Selat Malaka.

Selain itu akan terjadi di Kepulauan Mentawai, Selat Sunda dan Samudera Hindia Utara Aceh hingga Selatan Lampung. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan 08 - 32 km/ jam atau 05 - 18 knots.

Prakiraan cuaca diwilayah Bengkulu 12 jam ke depan tetap terjadi hujan ringan pada sore hingga malam hari. Daerah yang dilnada hujan ringan itu antara lain Mukomuko, Bengkulu Tengah dan Kabupaten Kepahiang, duhu udaranya berkisar 20-30 derajat celcius dan kelembaban antara 68-98 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012