Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu memprakirakan tinggi gelombang laut di barat Bengkulu 3,5 meter, sebelumnya tiga meter.

"Gelombang laut setinggi 3,5 meter itu juga akan terjadi di perairan Enggano, sedangkan gelombang di perairan Bengkulu setinggi tiga meter," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Selasa.

Ia mengatakan berdasarkan peringatan dini BMKG, tinggi gelombang laut akan mencapai tiga hingga empat meter, terutama di perairan Enggano hingga selatan Banten.

Angin di perairan Bengkulu berhembus dari Timur laut hingga Barat daya dengan kecepatan antara 05-20 knots dan angin di perairan Enggano berhembus dari Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 05-22 knots.

Selanjutnya angin di perairan Samudra Hindia barat Bengkulu berhmbus dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan antara 08-22 knots, di wilayah itu bepeluang hujan lebat.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian besar wilayah P. Sumatera, Selat Malaka, Kep. Mentawai, Selat Sunda dan Samudera Hindia Utara Aceh hingga Selatan Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan 08 - 36 km/ jam atau 05 - 20 knots.

"Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya hujan ringan hingga lebat, terutama di Mukomuko dan sekitarnya, dengan suhu udarany berkisar 23-31 derajat Celcius, dan kelembaban antara 69-98 persen," ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012