Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu Suparwi, Rabu mengimbau kepada masyarakat daerah itu untuk mewaspadai ancaman hujan lebat di wilayah itu.

Prakiraan hujan lebat itu akan terjadi di lima daerah yaitu Mukomuko, Kota Bengkulu, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur, sedangkan liam daerah lainnya terjadi hujan ringan. Ia menjelaskan, prakiraan cauaca di Mukomuko, Kota Bengkulu dan Kabupaten Kaur itu, suhu udaranya berkisar 23-31 derajat celcius dan kelembaban antara 62-99 persen.

Sedangkan daerah yang akan diguyur hujan ringan antara lain Bengkulu Tengah, Kepahiang dan Kabupaten Lebong, suhu udaranya berkisar 20-30 derajat celcius dan kelembaban antara 65-98 persen. Berdasarkan pantauan citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Sumatera, Selat Malaka, Kep. Mentawai, Selat Sunda dan Samudera Hindia Utara Aceh hingga Selatan Jawa.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan 08 - 36 km/ jam atau 05 - 20 knots.  Ia juga memprakirakan, gelombang laut di perairan Bengkulu mencapai tiga meter, angin di wilayah itu berhembus dari arah Timur laut hingga Barat daya dengan kecepatan berkisar 05-20 knots. Selanjutnya angin di perairan Enggano berhembus dari arah Timur laut hingga Selatan dengan kecepatan antara 08-21 knots, tinggi gelombang lautnya 3,5 meter.

Demikian juga gelombang laut di perairan Barat Bengkulu juga 3,5 meter, angin di wilayah itu berhembus dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan antara 08-22 knots, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012