Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini telah membentuk tujuh fraksi dari sembilan partai politik yang mendapatkan kursi pada pemilu 17 April 2019 lalu.

Ketua sementara DPRD Kabupaten Rejang Lebong, Wahono di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan jumlah fraksi di DPRD setempat periode 2019-2024 lebih sedikit dari periode sebelumnya sebanyak sembilan fraksi menjadi tujuh fraksi.

"Fraksi terakhir yang dibentuk ialah Fraksi Amanat Keadilan Nasional yang merupakan gabungan PAN dan PKS, di mana pembentukan fraksi ini dilakukan Kamis kemarin setelah didapati kesepakatan antara kedua partai," ujar dia.

Kedua partai ini tambah dia, sepakat membentuk fraksi gabungan, karena masing-masing partai hanya mendapatkan dua kursi, sedangkan syarat untuk membentuk fraksi sendiri minimal memiliki tiga kusri dewan.

Adapun tujuh fraksi di DPRD Rejang Lebong ini antara lain Fraksi Golkar yang mendapatkan lima kursi dengan ketua dirinya sendiri (Wahono). Kemudian Fraksi PDI Perjuangan yang memperoleh empat kursi dengan Zane Ari Bakti.

Selanjutnya Fraksi Demokrat dengan jumlah anggota empat orang yang diketuai oleh Nurul Khairiah, seterusnya adalah Fraksi Perindo dengan jumlah anggota empat orang dan diketuai oleh Panca Kurniawan, serta Fraksi Nasdem yang beranggotakan tiga orang diketuai oleh Nirwan Paraji.

Sedangkan dua fraksi lainnya adalah fraksi gabungan yang dinamakan Fraksi Gerakan Kebangkitan Nurani yang beranggotakan enam orang yang diketuai Handri dari Hanura.
Terakhir Fraksi Amanat Keadilan Nasional yang beranggotakan empat orang yang diketuai oleh Asli Matap dari PAN.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019