Harga jual buah kelapa yang sangat murah yaitu Rp1.000 per butir membuat ibu rumah tangga Suminah (50) mengolah minyak kelapa menjadi sesuatu yang memiliki harga jual tinggi yaitu minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO).

"Melihat banyaknya kelapa tua hanya dijual begitu saja dengan harga murah membuat saya mengolahnya agar harga lebih tinggi,” kata Suminah di Desa Harapan Makmur Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah, Sabtu. 

Ia mengatakan bahwa dalam sebulan bisa mengolah 50 kilogram kelapa tua yang jika diolah dapat menghasilkan sekitar lima hingga enam liter minyak kelapa. 

Suminah telah memproduksi VCO sejak 2009 dengan satu botol VCO ia jual Rp30.000 per botol sekitar 120 miligram dan Rp25.000 ke grosir. 

Untuk omset penjual VCO Suminah mengaku perbulan menghasilkan jutaan rupiah dalam satu kali produksi. 

"Jika hanya menjual buah kelapanya saja tidak menguntungkan," terang Suminah. 

Ia mengungkapkan bahwa VCO memiliki banyak sekali manfaat seperti untuk memelihara kesehatan kulit, baik untuk ibu hamil dan meningkatkan ASI dan sebagai anti-microba. 

Minyak tersebut juga bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh,  menurunkan kadar kolesterol jahat dan terus meningkat HDL atau kolesterol baik, menurunkan berat badan atau obesitas. 

Selain itu juga dapat memelihara kesehatan rambut, menjaga kesehatan jantung dan memperlancar peredaran darah, mencegah penyakit osteoporosis, mencegah diabetes militius, sebagai obat liver, obat kanker, dapat menambah stamina tubuh serta, sebagai antibiotik.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019