Pemerintah Provinsi Bengkulu telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan PT Solo Manufaktur Kreasi untuk pembelian 12 unit mobil Esemka. Pemprov Bengkulu bahkan menjadi provinsi pertama yang melakukan kerja sama pemesanan.

Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Hamka Sabri mengatakan, dengan adanya MoU pembelian ini diharapkan membuka kesempatan baru bagi Provinsi Bengkulu untuk ikut dalam pengembangan industri otomotif nasional.

"Kita mendukung karya anak bangsa yang mengembangkan mobil nasional juga program-program lainnya itu kita dukung. Harapan kita setelah melakukan MoU dengan Esemka, barangkali bisa berkembang ke Provinsi Bengkulu nanti," kata Hamka di Bengkulu, Jum'at.

Hamka menjelaskan, Pemprov akan mendorong seluruh Pemerintah Kabupaten dan Kota di Bengkulu untuk ikut melakukan pemesanan mobil Esemka. Bahkan, pihaknya akan memberikan surat dukungan kepada LKPP agar mobil Esemka bisa terdaftar di E - Katalog.

"Nanti masyarakat Provinsi Bengkulu yang akan membeli Esemka cukup e - katalog saja, ini bentuk dukungan kita kepada produk nasional," kata Hamka.

Selain itu, mobil Esemka juga akan dipamerkan dalam gelaran kegiatan Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat nasional ke 20 yang akan dimulai besok (21/9) di lapangan pusat olahraga atau Sport Center, Kota Bengkulu. 

"Iya benar mobil Esemka akan ikut dipamerkan dalam kegiatan TTG. Bahkan tim mobil Esemka saat ini sudah tiba di Bengkulu," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Bengkulu Syahroni di Bengkulu, Jum'at.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019