Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu mengimbau warga Bengkulu, khususnya daerah yang akan dilanda hujan lebat, untuk waspada terhadap bencana banjir dan longsor.

Parkiraan BMKG itu ada tiga daerah yang akan terjadi hujan lebat yaitu Kabupaten Kepahiang, Lebong dan kabupaten Rejang Lebong, kata analisis BMKG stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Rabu. Ia mengatakan, ketiga daerah tersebut berada pada kawasan perbukitan dan dua kabupaten berada di hulu Sungai Musi yaitu Kabupaten Kepahiang dan Rejang Lebong.

Berdasarkan pengalaman hujan lebat sebelumnya tiga daerah itu rawan banjir dadakan dan tanah longsor, dengan demikian masyarakat untuk mewaspadai saat hujan turun. Suhu udara pada tiga daerah itu, terutama di kabupaten Rejang Lebong berkisar antara 20-29 derjat celcius dan kelembaban antara 74-99 persen.

Sementara tujuh daerah lainnya termasuk Mukomuko dan Kota Bengkulu akan diguyur hujan sedang pada sore hingga malam hari suhu udaranya berkisar 23-31 derjat celcius dan kelembaban antara 67-97 persen. Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian besar wilayah Sumatera, Selat Sunda dan Samudera Hindia Barat Aceh hingga Selatan Jawa.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan 05 - 30 km/ jam atau 03 - 17 knots. Sementara prakiraan gelombang laut di Perairan Bengkulu dua meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Timur laut hingga Barat Daya dengan kecepatan berkisar 03-17 knots.

Angin di perairan Enggano bertiup dari arah Timur hingga selatan dengan kecepatan antara 05-17 knots, gelombang lautnya tinggi dua meter. Selanjutnya gelombang laut di Barat Bengkulu 2,5 meter, angin di wilayah itu bertiup juga dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan antara 07-18 knots, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012