London (ANTARA Bengkulu) - Chelsea mengumumkan pada Rabu (Kamis WIB), bahwa Rafael Benitez telah ditunjuk sebagai manajer sementara untuk tim pertama sampai akhir musim, setelah juara Eropa itu memecat Roberto di Matteo.

Di Matteo dipecat setelah Chelsea menelan kekalahan 0-3 dari Juventus pada Selasa di Turin. Hasil yang membuat Chelsea berada di ambang tereliminasi di fase grup Liga Champions.

Namun dalam beberapa jam Roman Abramovich, pemilik Chelsea yang telah memecat tujuh manajer sejak membeli klub tersebut pada 2003, menunjuk mantan pelatih Liverpool Rafael Benitez, meski hanya berstatus manajer sementara.      

"Klub Sepak Bola Chelsea dapat mengonfirmasi bahwa Rafael Benitez telah ditunjuk sebagai manajer tim sementara untuk tim pertama sampai akhir musim," demikian pernyataan klub.

"Pemilik (Abramovich) dan dewan yakin bahwa pada Benitez kami memiliki manajer dengan pengalaman yang signifikan di level sepak bola tertinggi, yang dapat masuk dan segera membantu mengantarkan tujuan-tujuan kami."

Bagaimanapun, fakta bahwa ia bergabung ke Chelsea dengan ikatan kontrak jangka pendek tidak meredakan spekulasi bahwa mantan pelatih Barcelona Pep Guardiola, yang saat ini sedang beristirahat dari sepak bola, merupakan sosok yang sebenarnya diinginkan Abramovich untuk melatih di Stamford Bridge dengan ikatan kerja penuh.

Benitez akan bertemu dengan para pemain Chelsea di markas latihan klub di Cobham, Selatan London, pada Kamis.

Pernyataan Chelsea menyebutkan bahwa pria Spanyol itu, yang dua kali menjadi manajer terbaik versi UEFA, datang dengan "catatan yang luar biasa."

Di Valencia ia dua kali memenangi Liga Spanyol dan Piala UEFA, sedangkan enam tahun masa kerjanya di Liverpool dihiasi dengan pencapaian Piala FA dan gelar Eropa kelima klub Merseyside itu.

Benitez meninggalkan Liverpool dengan "kesepakatan bersama" pada 2010 setelah klub itu mengakhiri musim kompetisi dengan menduduki peringkat ketujuh, peringkat terburuk mereka sejak 1999.

Bagaimanapun, beberapa hari berselang, ia kemudian melatih Inter Milan meski hanya dalam waktu singkat. Di klub raksasa Italia itu, Benitez hanya beberapa bulan menduduki jabatan pelatih.

Benitez, yang sampai Rabu tidak memegang jabatan manajerial sejak meninggalkan San Siro, berhenti melatih Inter pada Desember 2010 setelah mendesak klub untuk mendukung dia atau memecatnya menjelang bursa transfer Januari, menyusul kemenangan Inter di final Piala Dunia Klub melawan tim Kongo Mazembe di Abu Dhabi. (ant)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012