Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu memprakirakan gelombang laut di barat Bengkulu berpeluang tiga meter, meskipun saat ini rata-rata 2,5 meter.

"Prakiraan peringatan dini BMKG 12 jam ke depan menyebutkan gelombang laut tinggi tiga meter juga terjadi hingga perairan selatan Lampung," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Diah Novita Astuti, Kamis. Ia menjelaskan gelombang laut di perairan Bengkulu dua meter, sedangkan angin di wilayah itu bertiup dari timur laut hingga barat daya dengan kecepatan 03-17 knots.

Gelombang laut di perairan Enggano juga setinggi dua meter, angin di wilayah itu berhembus dari tenggara hingga selatan dengan kecepatan 05-17 knots. Sedangkan angin di Samudra Hindia barat Bengkulu bertiup dari tenggara hingga selatan dengan kecepatan 07-18 knots, di wilayah itu berpeluang terjadi hujan ringan.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Riau, sebagian Kepulauan Mentawai, Palembang, Bengkulu hingga Lampung. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari timur laut hingga barat daya dengan kecepatan 05-30 km per jam atau 03-17 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu tetap dominan terjadi hujan ringan pada sore hingga malam hari, terutama di Bengkulu utara, Bengkulu tengah dan Kabupaten Kepahiang. Suhu udaranya 20-30 derajat Celcius, dan kelembaban antara68-98 persen.

"Namun, cuaca di Kabupaten Mukomuko akan terjadi hujan sedang pada sore hingga malam hari, dengan suhu udara 23-31 derajat Celcius dan kelembaban 68-98 persen," ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012