Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Ribuan atlet nasional dan daerah, Sabtu, mengikuti lomba lari 10 Kilometer Pantai Panjang dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-44 Provinsi Bengkulu.

"Total hadiah yang diberikan kepada para pemenang sebesar Rp250 juta. Kepada juara satu sampai ketiga kelompok atlet nasional masing-masing diberi hadiah uang Rp25 juta, Rp20 juta dan Rp15 juta," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu, Septemilian.

Sedangkan juara pertama sampai ketiga kategori kelompok atlet daerah masing-masing mendapat hadiah uang tunai Rp15 juta, Rp10 juta dan Rp7,5 juta.

Lomba lari 10 Kilometer (10K) dimulai dengan ditandai pengibaran bendera start oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Asnawi A Lamat dan tembakan pistol oleh Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Albertus Julius Benny Mokalu di depan Sport Centre Pantai Panjang Kota Bengkulu.

Rute yang dilalui ribuan atlet yakni jalan Pariwisata, Sedap Malam, Rafflesia, Flamboyan, S Parman, Soeprapto, Sudirman, kawasan Pasar Melintang, Anggut Bawah dan berakhir di depan Sport Centre Pantai Pantai.  

ampil sebagai juara pertama lomba lari 10K kelompok atlet putra nasional adalah Jauhar Johan dari Provinsi Sumatera Selatan dengan catatan waktu 29 menit 57 detik, juara kedua Riduan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan catatan waktu 30 menit 34 detik dan juara ketiga Agus Prayogo dari Provinsi Jawa Tengah dengan catatan waktu 30 menit 46 detik.

Sedangkan, juara pertama lomba lari 10K kelompok atlet putri nasional yakni Feri Marince Subnafeu dari Provinsi Kalimantan Timur dengan catatan waktu 35 menit 40 detik, juara kedua Rini Budiarti dari DKI Jakarta dengan catatan waktu 36 menit 5 detik dan juara ketiga Tria Ningsih dari Provinsi Jawa Tengah dengan catatan waktu 36 menit 7 detik.

Khusus juara pertama lomba lari 10K kelompok putra daerah direbut Beny Ismayanto dari Kota Bengkulu, juara kedua Istanto dari Kota Bengkulu dan T Rahmat Maula dari Kabupaten Bengkulu Tengah.

Sementara juara pertama lomba 10K kelompok putri daerah direbut Eka dari Kabupaten Rejang Lebong, juara kedua Vina Malinda dari Bengkulu Utara dan Meri Apriani dari Kota Bengkulu.

Selain tiga besar, peserta yang finis dengan urutan keempat sampai ke 10 juga mendapatkan hadiah uang tunai dan piagam penghargaan. Bagi peserta yang tidak masuk 10 besar juga disediakan hadiah hiburan dengan cara diundi. (ANT)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012