Gempa bumi bermagnetudo 4,8 mengguncang Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara, Rabu sekitar pukul 09.18 WIB.

"Gempa yang mengguncang Nias Utara tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Balai Besar Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Sumatera Utara, Edison Kurniawan.

Ia menjelaskan gempa bumi itu berpusat pada koordinat 1.26 LU dan 97.01 BT, tepatnya di laut 43 km barat daya Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara, pada kedalaman 23 kilo meter.

Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi antara lempeng Indo-Australia dengan lempeng eurasia, katanya.

Aktivitas subduksi itu, ujar dia, menyebabkan terjadinya deformasi batuan dan memicu terjadinya gempa bumi.

"Meskipun dangkal dan terjadi di laut, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu tsunami," ujarnya.

Berdasarkan informasi dari beberapa warga, intensitas guncangan gempa bumi tersebut dirasakan hingga di Kota Gunungsitoli.

Namun hingga saat ini belum ada laporan terjadi kerusakan maupun ada korban luka atau jiwa akibat gempa.

Edison mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi Bmkg serta arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Khusus masyarakat di pesisir pantai diimbau tidak terpancing isu, karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Pewarta: Juraidi dan irwanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019