Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu menyebutkan, gelombang laut di perairan Barat Bengkulu 1,8 meter, lebih rendah dari sebelumnya dua meter.

Sementara prakiraan gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano rata-rata 1,3 meter, juga lebih rendah dari sebelumnya 1,8 meter, kata analisis BMKG stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Diah Novita Astuti, Jumat.

Ia menjelaskan, gelombang laut di perairan Bengkulu 12 jam ke depan rata-rata normal, sehingga berpeluang bagi nelayan tradisional untuk menangkap ikan.

Angin di perairan Barat Bengkulu berhembus dari arah Barat hingga Timur dengan kecepatan antara 05-18 knots, di wilayah itu berpeluang hujan ringan.

Selanjutnya angin di perairan Bengkulu bertiup dari Barat hingga Timur laut dengan kecepatan berkisar antara 03-17 knots dan angin di perairan Enggano bertiup dari Barat hingga Timur dengan kecepatan berkisar 08-15 knots.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian besar wilayah Sumatera, Kep. Mentawai, Bengkulu, Kep. Riau, Selat Sunda dan Samudera Hindia Utara Aceh hingga Barat Bengkulu.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan 05 - 30 km/ jam atau 03 - 17 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya tetap turun hujan ringan pada sore hingga malam hari, terutama di Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah hingga Kabupaten Lebong, suhu udara antara 20-30 derajat celcius dan kelembaban antara 67-98 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012