Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu mengimbau kepada warga daerah itu, untuk mewaspadai ancaman hujan lebat, terutama di tiga kabupaten 12 jam ke depan.

Prakiraan hujan lebat itu akan terjadi di Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Kabupaten Lebong sedangkan daerah itu rawan lonsgor dan banjir, kata analisis BMKg stasiun Meteorologi fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Sabtu.

Ia menjelaskan, ancaman hujan lebat itu melanda tiga kabupaten antara lain Kabupaten Kepahiang, dengan suhu udara berkisar 20-30 derjat celcius dan kelembaban antara 70-98 persen. Sedangkan tujuh kabupaten/kota lainnya turun hujan ringan pada soore dan malam hari antara terjadi di Mukomuko, Bengkulu Tengah dan Kabupaten Seluma, suhu udara berkisar 23-31 derajat celcius dan kelembaban antara 66-97 persen.

Berdasarkan pantauan citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian besar wilayah Sumatera antara lain di Kepulauan Mentawai, Bengkulu, Riau, Selat Sunda dan Samudera Hindia Utara Aceh hingga Barat Bengkulu.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut  - Barat Daya dengan kecepatan 05 - 29 km/ jam atau 03 - 16 knots. Prakiraan gelombang laut di perairan Bengkulu 1,8 meter, lebih tinggi dari sebelumnya 1,5 meter, angin di wilayah itu berhembus dari arah Timur laut hingga Barat daya dengan kecepatan antara 03-16 knots.

Angin di perairan Enggano berhembus dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan antara 05-17 knots, gelombang laut di wilayah itu juga tinggi 1,8 meter. Sedangkan gelombang laut di Barat Bengkulu dua meter, angin di wilayah itu berembus dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 05-18 knots, ujarnya.(Z005)


Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012