Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu memprakirakan tinggi gelombang laut di perairan Bengkulu berpotensi mencapai tiga meter.

"Meskipun prakiraan saat ini di perairan Bengkulu, dan perairan Enggano masih rata-rata 2,5 meter, namun tetap berpotensi tiga meter," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Diah Novita Astuti, Minggu.

Ia menjelaskan prakiraan tinggi gelombang laut di barat Bengkulu 12 jam ke depan mencapai tiga meter, hal itu juga terjadi di perairan Lampung hingga Selat Sunda.

Angin di perairan barat Bengkulu bertiup dari utara hingga tenggara dengan kecepatan 05-20 knots, di wilayah itu terjadi hujan ringan.

Selanjutnya angin di perairan Bengkulu berhembus dari timur laut hingga barat daya dengan kecepatan 03-18 knots.

Sedangkan angin di perairan Enggano berpeluang berhembus dari utara hingga tenggara dengan kecepatan 05-18 knots.

Pada peringatan dini BMKG, kata dia, akan terjadi gelombang laut tinggi antara tiga hingga empat meter, terutama di perairan Aceh, perairan Simeuleu, perairan Nias, perairan Sumatera Barat hingga perairan Mentawai.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian besar wilayah Sumatera, hingga perairan Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari timur laut - barat daya dengan kecepatan 05-34 km per jam, atau 03-18 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya hujan ringan pada sore hingga malam hari, terutama di Mukomuko, dan Bengkulu Utara dengan suhu 23-31 derajat Celcius, dan kelembaban antara 67-98 persen. (ANTARA)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012