Puluhan anggota TNI yang bertugas di Kodim 0409/Rejang Lebong, Jumat, menjalani tes urine untuk mengetahui ada tidaknya anggota TNI yang terlibat penyalahgunaan barang haram tersebut.

Dandim 0409/Rejang Lebong, Letkol Inf Sigit Purwoko di Makodim Rejang Lebong, mengatakan tes urine ini dilakukan terhadap 70 dari 332 anggota TNI dan PNS dalam wilayah teritorial Kodim 0409 meliputi Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Lebong.

"Tes urin ini dilaksanakan sebagai bentuk perlawanan kita terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba, tujuannya tentu untuk mengecek anggota Kodim 0409 agar tidak terlibat penyalahgunaan narkoba," kata dia.

Pelaksanaan tes urine dilakukan oleh petugas bagian analis RSUD Curup dengan diawasi langsung Kasdim Mayor Arh M Zaini Nurdin, Pasi Intel Kapten Cba Afrizal, Para Danramil dan unit Inteldim beserta anggota.

Pemeriksaan urin anggota TNI dan PNS Kodim 0409/Rejang Lebong itu sendiri mereka laksanakan secara berkala per triwulan. Di mana tes urin dilakukan dalam rangka pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) bagi prajurit Kodim 0409/Rejang Lebong.

Sementara itu, Pasi Intel Kodim Kapten Cba Afrizal menjelaskan, bahwa kegiatan itu merupakan program per triwulan yang dilaksanakan oleh Seksi Inteldim sasaran pengecekan secara menyeluruh mulai dari prajurit yang berada di Makodim staf Inteldim, Ops, Pers, Teritorial, Logistik dan jajaran Koramil dari Ramil-01 sampai dengan Ramil-09 termasuk 2 Pos koramil Pinang Belapis dan Pos Bermani Ilir Muara Langkap Kabupaten Kepahiang.

"Tadi yang mengikutinya ada 70 personel dan semuanya dinyatakan negatif, kegiatan ini rutin dilaksanakan tiga bulan sekali," kata Pasi Intel.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019