Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan, gelombang laut Barat Bengkulu mencapai tiga meter.

Prakiraan gelombang laut tiga meter itu berdasarkan peringatan dini BMKG untuk kurun waktu 12 jam ke depan, kata analis BMKG stasiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Diah Novita Astuti, Rabu.

Ia menjelaskan, gelombang laut tiga meter itu juga terjadi hingga Selatan Jawa, sedangkan prakiraan sementara gelombang laut Barat Bengkulu 2,5 meter.

Gelombang laut di perairan Bengkulu dua meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Barat daya hingga Timur laut dengan kecepatan berkisar 03-16 knots.

Selanjunta gelombang laut di perairan Enggano juga tinggi dua meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Barat hingga Timur luat dengan kecepatan antara 05-16 knots.

Angin di Barat Bengkulu juga bertiup dari arah Barat hingga Timur laut dengan kecepatan antara 07-17 knots, di wilayah itu berpeluang hujan ringan.

Pantauan citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian besar Pulau Sumatera hingga Selat Malaka.

Selain itu juga terjadi di Kepulauan Mentawai, Riau, Bengkulu, Lampung, Selat Sunda, Samudera Hindia Barat Aceh dan Samudera Hindia Barat Bengkulu hingga Selatan Jawa.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat Daya hingga Timur Laut dengan kecepatan 05 - 29 km/ jam atau 03 - 16 knots.

Prakiraan cuaca d wilayah Bengkulu pada umumnya hujan ringan hingga sedang, terutama di mukomuko dan kabupaten Kepahiang, dengan suhu udara berkisar 20-29 derajat celcius dan kelembaban antara 73-98 persen, ujarnya. (ANTARA)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012