Pihak Kepolisian Resor Rejang Lebong, Polda Bengkulu saat ini tengah menyiapkan personel pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar Februari 2020 mendatang.

Kabag Ops Polres Rejang Lebong AKP Margopo di Mapolres Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan jumlah personel yang akan dikerahkan guna mengamankan jalannya Pilkades serentak yang akan dilaksanakan di 56 desa tersebut saat ini masih dalam persiapan.

"Sudah ada personel yang kita siapkan, saat ini petugas sedang melakukan pemetaan dari 56 desa yang akan mengadakan Pilkades, nantinya yang rawan dan tidak rawan sehingga desa yang dianggap rawan akan jumlah personel pengamanannya akan diperbanyak," jelas dia.

Untuk persiapan ini personel yang telah disiapkan tambah dia, lebih dari 200-an orang, namun jumlah pastikan belum final karena masih menunggu hasil pemetaan lapangan dan koordinasi dengan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Rejang Lebong.

Sejauh ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan Pilkades serentak ialah potensi timbulnya konflik antar warga karena menjadi pendukung dari calon kepala desa tertentu, kemudian ketersediaan TPS dengan jumlah penduduk di masing-masing desa hal ini penting agar seluruh mata pilih bisa memberikan hak suaranya.

Pihaknya akan berupaya menanamkan kesadaran masyarakat di masing-masing desa yang melaksanakannya untuk menjaga ketertiban lingkungan dan tidak terlibat perbuatan anarkis akibat berlebihan mendukung salah satu kandidat Pilkades.

"Rencananya tanggal 21 November nanti akan dilaksanakan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2020 di Mapolres Rejang Lebong, nantinya akan hadir pejabat dari Pemkab Rejang Lebong, DPMD, masing-masing camat dan lainnya," tambah dia lagi.

Sebelumnya, DPMD Rejang Lebong menyebutkan sebanyak 56 desa di daerah itu akan melaksanakan Pilkades serentak antara lain dalam Kecamatan Curup Utara empat desa, tiga desa di Curup Timur. Curup Selatan empat desa, satu desa di Curup Tengah.

Selanjutnya dalam Kecamatan Sindang Kelingi empat desa, Sindang Dataran satu desa. Kota Padang lima desa, Kecamatan Sindang Beliti Ilir ada lima desa. Selanjutnya Kecamatan Bermani Ulu terdapat delapan desa, empat desa dalam Kecamatan Bermani Ulu Raya.

Kemudian empat desa di Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kecamatan Binduriang tiga desa, Sindang Beliti Ulu lima desa serta lima desa di Kecamatan Selupu Rejang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019