Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat menyelesaikan pengerjaan rehabilitasi sebagian bangunan pusat kesehatan hewan atau puskeswan di Desa Pulai Payung, Kecamatan Ipuh yang mengalami kerusakan akibat sudah tua.

“Rehab puskesmas Desa Pulai Payung telah selesai. Kini mau FHO atau serah terima akhir pekerjaan dari penyedia dan penerima barang dan jasa pemerintah,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.

Pemerintah setempat tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp150 juta dalam APBD untuk merehab sebagian besar bangunan puskesmas di Desa Pulai Payung, Kecamatan Ipuh yang mengalami kerusakan akibat berusia tua.

Warsiman yang juga pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek rehab puskeswan di daerah ini mengatakan alokasi dana sebesar itu tidak hanya untuk merehab sebagian besar bangunan puskeswan tersebut, tetapi juga untuk menambah sarana dan prasarana di puskeswan tersebut.

Ia menyebutkan, alokasi dana sebesar itu untuk merehab bagian atap bangunan yang mengalami kerusakan akibat berusia tua, pengecatan sebagian besar dinding baik yang berada di dalam maupun di luar bangunan tersebut.

Kemudian, lanjutnya, pengerjaan rehab sebagian besar bagian lantai bangunan puskeswan yang mengalami kerusakan dan pergantian sebagian besar pintu bagunan puskeswan tersebut.

Lalu penambahan sarana dan prasarana puskeswan yang berada sejauh 175 kilometer sebelah utara Kota Bengkulu, seperti sarana air bersih dan pembelian tower air bersih guna mempermudah petugas dan tenaga medis hewan dalam memberikan pelayanan kesehatan hewan bagi masyarakat.

Ia menyatakan, pihaknya melakukan FHO atau serah terima akhir pekerjaan dari penyedia dan penerima barang dan jasa pemerintah untuk memastikan pengerjaan rehab puskeswan tersebut sesuai dengan rencana anggaran biaya dalam kontrak kerja kegiatan rehab bangunan tersebut. 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019