Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu mengimbau kepada masyarakat daerah itu untuk mewaspadai ancaman hujan sedang hingga lebat di beberapa daerah setempat hingga 12 jam ke depan.

Prakiraan ancaman hujan lebat itu sangat rawan bencana banjir dan longsor, kata Suparwi, analisis BMKG stasiun Meteoorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu, Kamis. Ia menjelaskan, hujan lebat itu akan terjadi di Kabupaten Kaur, sedangkan tiga daerah lainnya berpeluang hujan sedang.

Tiga daerah menjadi sasaran hujan sedang itu Mulai dari Mukomuko, Seluma dan Kabupaten Bengkulu Selatan, dengan suhu udara berkisar 23-31 derajat celcius dan kelembaban antara 67-100 persen. Sedangkan lima kabupaten/kota lainnya berpeluang hujan ringan antara lain Bengkulu Utara, Kota Bengkulu dan Kabupaten Rejang Lebong, suhu udara berkisar 19-29 derajat celcius dan kelembaban antara 70-98 persen.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di seluruh wilayah Sumatera, wilayah Mentawai, Selat Sunda, Samudera Hindia Utara Aceh hingga Selatan Jawa Barat. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan 08 - 32 km/ jam atau 05 - 18 knots.

Prakiraan gelombang laut di perairan Bengkulu, perairan Enggano dan perairan Barat Bengkulu rata-rata tinggi 2,5 meter. Angin di wilayah itu berhembus dari arah Barat hingga Timur laut dan Utara, dengan kecepatan antara 05 hingga 18 knots, di wilayah itu berpeluang hujan sedangn hingga lebat. Namun pada peringatan dini BMKG berpeluang terjadi gelombang tinggi antara dua hingga tiga meter di Perairan Bengkulu, Perairan Enggano hingga Perairan Lampung, katanya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012