Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menggratiskan tiket masuk ke kawasan Danau Mas Harun Bastari (DMHB) yang menjadi lokasi pelaksanaan lokasi uji coba pelaksanaan festival kebun bunga 2020.

Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong, Upik Zumratul Aini di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan pelaksanaan pra event "garden flower festival" atau festival kebun bunga di kawasan DMHB Kecamatan Selupu Rejang tersebut dimulai 18-21 November nanti.

"Tiket masuk dan biaya parkir di dalam kawasan DMHB kita gratiskan selama pelaksanaan pra event garden flower festival, ini juga termasuk dengan warga yang akan belajar menggunakan kano juga gratis. Ini kita lakukan untuk mengundang minat orang datang ke sini," kata dia.

Pada pelaksanaan pra event itu sendiri tambah dia, dilakukan guna mengetahui kekurangan-kekurangan menjelang pelaksanaannya pada November 2020 mendatang sehingga nantinya akan dapat dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

"Pra event ini guna mengetahui berbagai kekurangan-kekurangannya sehingga bisa segera diperbaiki. Pada pra event ini kita sengaja tidak melibatkan OPD, namun semuanya adalah kelompok masyarakat yang melakukannya, karena kita memancing peran serta masyarakat sekitar lokasi ini untuk terlibat," jelasnya.

Kalangan masyarakat sekitar DMHB yang dilibatkan dalam pra event tersebut akan mengikuti perlombaan merangkai bunga di papan bunga, kemudian lomba membuat souvenir, lomba floating flower, hingga bazar ekonomi kreatif.

Selain itu, kegiatan ini juga menampilkan hasil karya dari Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS), serta pembukaan pra event garden flower festival 2019 oleh Gubernur Bengkulu, Rabu (20/11).

Pada pelaksanaan pra event ini juga akan dilakukan pelepasan ekspor jeruk gerga dengan tujuan negara Timur Tengah serta pengenalan Pei Kaganga sebagai salah satu batik khas Rejang Lebong.

Sementara itu pada hari terakhir berupa pengumuman para pemenang perlombaan, serta penampilan artis ibu kota mulai dari Nirwana Lida, Tomi Lida dan Youtuber terkenal asal Bengkulu Angga Candra.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019