Komando Distrik Militer (Kodim) 0409/Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu, akan mendapat tambahan anggota TNI sebanyak 48 personel.

Komandan Kodim (Dandim) 0409/Rejang Lebong Letkol (Inf) Sigit Purwoko di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan tambahan personel tersebut merupakan hasil penerimaan anggota TNI yang dilaksanakan Mabes TNI pada 2019 ini.

"Akan dapat tambahan 48 personel dengan rincian 41 orang berasal dari tamtama dan tujuh personel lainnya dari bintara. Mereka ini nantinya akan jadi pasukan reaksi cepat Kodim 0409/Rejang Lebong," kata dia.

Anggota TNI baru yang akan ditempatkan ke Kodim 0409/Rejang Lebong, katanya, kebanyakan merupakan putra daerah, baik yang berasal dari Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang maupun Lebong dan sisanya berasal dari kabupaten/kota di Bengkulu.

Penambahan personel itu untuk memperkuat masing-masing Kodim di Bengkulu, di mana ada tiga Kodim yang mendapat tambahan yakni Kodim 0409/Rejang Lebong, Kodim 0408/Bengkulu Selatan dan Kodim 0423/Bengkulu Utara.

"Penambahan jumlah anggota TNI di masing-masing Kodim tersebut dilakukan seiring peningkatan tipe Korem 041 Gamas dari tipe B menjadi tipe A, di mana Danrem nya nanti akan dijabat oleh seorang Brigjen," katanya.

Sementara itu, rencana penambahan dua Koramil baru yang akan didirikan di wilayah Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang dan satu lagi antara Kecamatan Bermani Ulu dan maupun Bermani Ulu Raya (BUR), Kabupaten Rejang Lebong belum bisa direalisasikan karena Mabes TNI saat ini sedang fokus membentuk 31 Kodim baru di Indonesia bagian timur.

Sejauh ini jumlah Koramil dalam wilayah teritorial Kodim 0409/Rejang Lebong yang membawahi Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang ini baru memiliki sembilan Koramil, yang terdiri atas empat Koramil di Kabupaten Rejang Lebong, empat Koramil di Kabupaten Lebong dan satu Koramil di Kabupaten Kepahiang, demikian Sigit Purwoko .

 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019