Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini menyediakan sarana dan prasarana berupa sepeda motor jenis trail untuk pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan di daerah ini.

“Kami menyediakan sarana dan prasarana untuk pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan berupa sepeda motor jenis trail sebanyak dua unit,” kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Nasyyardi dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu.

Pemerintah setempat tahun ini mengalokasikan dana dalam APBD perubahan tahun ini untuk membeli sepeda motor sebanyak dua unit untuk masyarakat yang tergabung dalam kelompok pengawas kelautan dan perikanan di Kecamatan Ipuh.

Ia menyatakan, kegiatan pembelian sepeda motor jenis trail ini masih satu paket dengan kegiatan penyediaan sarana dan prasarana penangkaran penyu di Pantai Batu Kumbang Desa Pulai Makmur, Kecamatan Ipuh.

Instansinya menyediakan sarana dan prasarana penangkaran penyu berupa kendaraan bermotor roda empat jenis ATF sebanyak tiga unit untuk Komunitas Pecinta Alam Konservasi Penyu Mukomuko di Pantai Batu Kumbung Desa Pulau Makmur, Kecamatan Ipuh.

Kemudian instansinya juga menyediakan sarana dan prasarana pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan berupa sepeda motor jenis trail sebanyak dua unit untuk kelompok pengawas sumber daya kelautan dan perikanan di wilayah ini.

Ia menjelaskan, Komunitas Pecinta Alam Konservasi Penyu Mukomuko di Pantai Batu Kumbung Desa Pulau Makmur, Kecamatan Ipuh ini menjaga kelestarian penyu di perairan laut di daerah ini.

Sedangkan kelompok pengawas sumber daya kelautan dan perikanan di wilayah ini menjaga perairan laut di daerah ini dari aktivitas kapal pengguna pukat trawl atau harimau yang menangkap ikan di perairan laut daerah ini.

Selain itu, ia mengatakan, kelompok ini melakukan patroli sepanjang pinggir pantai untuk mengantisipasi penggunaan racun dan bom dalam menangkap ikan di perairan laut di wilayah tersebut.


Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019