Padang (ANTARA Bengkulu) - Pebiliar dari Filipina Jeffry Deluna menjuarai kejuaran biliar bola sembilan yang diadakan Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Sumbar dirumah biliar Teebox Padang.

"Pebiliar Filipina itu menjadi juara setelah mengalahkan pebiliar Indonesia Ricky Yan dengan skor 11-7 di kejauaran biliar bola sembilan yang diakan POBSI Sumbar," kata Direktur Turnamen Doddy S, di Padang, Minggu.

Pebiliar dari Filipina itu yang menjadi juara pada kejuaran biliar bola sembilan itu menerima uang tunai sebesar Rp65.000.000 sedangkan Ricky Yan menempati posisi kedua memperoleh uang sebesar Rp25 juta yang diserahkan langsung Ketua Umum (Ketum) POBSI Sumbar, Alexander Dino.

Jerry Deluna berhasil membalas kekalahaan ketika kejuaran Filipina Open tahun 2010, dimana pebiliar Indonesia Ricky Yan keluar sebagai juara pada kejuaran itu.

Sejak pertandingan dimulai, Jeffry Deluna langsung memimpin dan merebut kemengan pada game satu, dua, hingga empat. Namun Ricky berhasil memperkecil kekalahan dengan skor 1-4. Meski Ricky Yan mampu maraih poin, tapi Jeffry Deluna bermain dengan tenang mampu menutup kemenangan dengan skor 11-7.

Posisi tiga diraih Indonesia, yakni Yoni Rachmanto yang merupakan pebiliar andalan dari Jawa tengah, sedangkan posisi empat diraih pebiliar dari negara Filipina, Johann Chua.

Pertandingan bola sembilan yang diadakan POBSI Sumbar ini diikuti sebanyak 108 pebiliar baik dari Sumbar, Jawa Tengah, Papua, serta DKI, maupun dari negara Filipina.

Semula kejuaran ini diikuti dari empat negara ikut yakni Malaysia, Singapura, Filipina, serta Taiwan, namun tiga negara tidak bisa hadir dengan alasan ada pertandingan dengan waktu yang sama.

"Panitia dalam pertandingan open turnament biliar bola sembilan ini menyediakan total hadiah sebesar Rp202 juta ditambah piala serta doorprize,"kata Dodi.

Sementara itu pebiliar Indonesia Ricky Yan setelah pertandingan mengakui kehebatan lawan tandingnya, pada grand final kejuaraan bola sembilan yang diadakan POBSI Sumbar.

"Saat bertanding pada grand final kejuaran bola sembilan menghadapi Jefrry Deluna bermain kurang fit," kata dia.

Dia menambahkan, pebiliar dari Filipina pada kejuaran biliar bola sembilan itu bermain sangat bagus, pantas menjadi juara pada kejuaran tersebut.

"Kekalahan dari Jeffry Deluna tidak menyurutkan untuk bertanding pada olahraga biliar, akan membalas kekalahan jika bertemu lagi dengan dia (Jeffry Deluna)," kata dia. (ANTARA)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012