Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan, gelombang laut di perairan Barat Bengkulu mencapai tiga meter, lebih tinggi dari sebelumnya 2,5 meter.

Prakiraan peringatan dini BMKG Bengkulu menyebutkan, gelombang laut tiga meter itu juga terjadi di perairan juga terjadi di Samudera Hindia Barat Mentawai hingga Selatan Lampung, kata analisis BMKg stasiun Meterologi fatmawati Soekarno Bengkulu Diah Novita Astuti, Senin. Ia menjelaskan, elombang laut di perairan Bengkulu dua meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Barat daya hingga Timur laut dengan kecepatan berkisar 05-17 knots.

Gelombang laut di perairan Enggano juga tinggi dua meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Barat hingga Timur dengan kecepatan berkisar 07-18 knots dan berpeluang hujan sedang. Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di seluruh wilayah Sumatera, Selat Malaka, wilayah Kep. Mentawai, Selat Sunda, Samudera Hindia Utara Aceh hingga Selatan Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat Daya hingga Timur Laut dengan kecepatan 08 - 30 km/ jam atau 05 - 17 knots. Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya hujan ringan hingga sedang, terutama terjadi di Mukomuko dan Bengkulu Utara, suhu udaranya berkisar 23-31 derajat celcius dan kelembaban antara 67-98 persen, ujarnya.(Z005)





Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012