Kepala Bagian Program dan Hubungan Masyarakat Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) wilayah Bengkulu, Masnawati mengatakan 13.000 orang peserta tes CPNS Kementerian untuk SLTA/sederajat tahun mengkuti tes.

"Untuk peserta tes CPNS tahun 2017 lalu diikuti sekitar 14.734 orang kalau sekarang baru berkisar 13.000 orang peserta se Provinsi Bengkulu jadi ada penurunan," kata Masnawati di Bengkulu, Sabtu. 

Ia menambahkan bahwa untuk 2018 lalu kanwil Bengkulu tidak menerima SLTA sederajat, tetapi menerima S1 sederajat yang diverifikasi langsung oleh Kemenkumham pusat.

Masnawati menyebutkan bahwa pengumuman lulus administrasi Kemenkumham akan diumumkan pada akhir bulan Desember nanti. 

Lanjutnya, untuk kanwil Kemenkumham Bengkulu yang akan diterima sekitar 31 orang. 

Terdiri dari 28 orang untuk penjaga tahanan dan 3 orang untuk pemeriksa keimigrasian. 

"Peserta tes CPNS Kemenkumham yang lulus administrasi harus mengikuti CAT terlebih dahulu setelah itu baru mengikuti tes kesemaptaan," ujarnya. 

Oleh karena itu peserta yang diharapkan untuk lebih giat belajar dan latihan fisik fisik seperti lari, push up, pull up dan lainnya. 

Masnawati menjelaskan, setelah pengumuman administrasi akan ada masa sanggah selama tiga hari. 

Masa sanggah dapat dimanfaatkan untuk peserta yang tidak lulus yang merasa dirinya telah mengunggah berkas sesuai dengan yang diminta. 

"Kemudian tim verifikasi akan mengecek langsung apakah benar atau tidak. Apabila benar berkas yang telah diberikan benar dan dia tidak lulus maka peserta tersebut akan dipertimbangkan lagi," tutupnya.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019