Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan mengajak dan mengimbau masyarakat untuk melaksanakan sholat gerhana di masjid Agung At-Takwa Anggut Atas bertepatan dengan gerhana matahari total.

"Pemerintah Kota Bengkulu mengajak seluruh warga muslim untuk sholat gerhana matahari," katanya di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan Masjid Agung At Taqwa akan mengadakan sholat gerhana yang dipersiapkan sekira jam 10.00 WIB dan sholat gerhana akan digelar pukul 11.00 WIB.

Helmi mengatakan akan musyawarah langsung dengan Majelis Ulama Indonesia di Bengkulu dan melaksanakan rapat Kemenag.

"Mudah mudahan sebelum zuhur solat gerhana sudah dilakukan." katanya.

Untuk masyarakat yang jauh dari masjid Agung At-Taqwa bisa melakukan sholat gerhana di masjid masing-masing jika masjidnya melakukan sholat gerhana.

Seperti dilansir dari www bmkg. go. id, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis bahwa gerhana matahari cincin akan terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat pada garis yang sama dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari. 

Akibatnya, saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya. 

Berikut ini wilayah yang terlewati jalur cincin pada 26 Desember 2019 adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra India, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Samudera Pasifik. 

Sementara, di Indonesia, gerhana akan melewati 25 kota dan kabupaten di Indonesia. Selain di 25 kabupaten dan kota tersebut, gerhana juga bisa disaksikan di beberapa wilayah di Pulau Sumatera. Gerhana yang akan terlihat dari wilayah di Pulau Sumatera  mencapai 25-80 persen.

Jika cuaca cerah, masyarakat Bengkulu juga dapat mengamati gerhana ini. Bagi masyarakat di Bengkulu, besaran gerhana yang akan terjadi adalah sekitar 50 persen.

Pewarta: Gogo Priogo

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019