Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu menyebut, sejumlah wilayah di Provinsi Bengkulu berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai guntur dan angin kencang hingga Minggu (12/1).

Baca juga: Tiga mobil tertimpa pohon tumbang Kota Bengkulu

Kepala BMKG Provinsi Bengkulu, Kukuh Ribudiyanto mengatakan, beberapa wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem di Provinsi Bengkulu yakni Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Bengkulu Tengah.

"Kondisi cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai guntur dan angin kencang ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga sore hari," kata Kukuh dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat.

Baca juga: Perubahan iklim hingga tingginya curah hujan semua berawal dari pencemaran udara

Baca juga: Kiat sederhana saat musim hujan agar mobil tetap kinclong

Kukuh menambahkan, cuaca ekstrem ini juga berpeluang meluas kebeberapa wilayah lainnya di Provinsi Bengkulu seperti Kota Bengkulu, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur.

Dijelaskan Kukuh, suhu rata-rata di Provinsi Bengkulu saat ini sekitar 27 derajat celcius. Kecepatan angin tercatat sekitar 40 kilometer per jam dan arah angin dari barat laut. Kelembapan udara juga tercatat sekitar 90 persen.

Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan juga akan melanda sebagian wilayah di Provinsi Bengkulu pada malam hari. Selain itu, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai peting juga diperkirakan terjadi pada Sabtu (11/1). Hanya saja, hujan disertai petir ini diperkirakan terjadi pada sore hari.

Kondisi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai guntur dan angin kencang ini diperkirakan akan berlangsung hingga Minggu (12/1) mendatang.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020