Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meterologi Kliamtologi dan Geofisika Bengkulu mengimbau kepada warga Bengkulu untuk mewaspadai ancaman hujan lebat di beberapa daerah pada kurun waktu 12 jam ke depan.

Prakiraan hujan sedang hingga lebat itu terjadi di Kota Bengkulu,Seluma, Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur, dengan suhu udara berkisar 23-31 derjat celcius dan kelembaban antara 68-99 persen, kata analisis BMKG stasiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi, Kamis.

Ia menjelaskan, beberapa kabupaten di Bengkulu pada kurun waktu yang sama akan terjadi hujan ringan, terutama di Bengkulu Tengah, Mukomuko dan kabupaten Rejang Lebong, suhu udaranya berkisar 18-29 derjat celcius dan kelembaban 72-98 persen. Daerah hujan sedang hingga lebat itu sebagian besar rawan banjir dan longsor, dengan emikian warga bermukim disepanjang aliran sungai untuk selalu waspada saat hujan turun, ujarnya.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian wilayah Aceh, sebagian wilayah Sumatera Utara, Selat Malaka, wilayah Kep. Mentawai, seluruh wilayah Sumatera bag. Selatan dan Samudera Hindia Utara Aceh hingga Selatan Jawa. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan 05 - 32 km/ jam atau 03 - 18 knots.

Ia juga memprakirakan, gelombang laut di perairan Bengkulu berpeluang 2,5 meter lebih tinggi dari sebelumnya 1,8 meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Barat hingga Timur laut dengan kecepatan berkisar 03-18 knots. Gelombang laut di perairan Enggano tinggi 2,5 meter, juga lebih tinggi dari sebelumnya dua meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Barat hingga Timur luat dengan kecepatan berkisar 05-18 knots. Sedangkan gelombang laut di Barat Bengkulu juga tinggi 2,5 meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan antara 05-18 knots, di wilayah itu berpeluang hujan sedang, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012