Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan meterologi Klimatoligi dan Geofisika Bengkulu menyebutkan, prakiraan gelombang laut di perairan Bengkulu berpeluang tinggi 3,5 meter.

Berdasarkan prakiraan peringatan dini BMKG Bengkulu 12 jam ke depan, gelombang laut 3,5 meter juga berpeluang terjadi di perairan Enggano hingga Perairan Lampung, kata analisis BMKG stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi, Minggu.Ia juga memprakirakan gelombang laut tinggi antara dua hingga tiga meter akan terjadi di perairan Aceh bagian Barat dan Selatan, Perairan Seumelue, Perairan Nias, Perairan Sumatera Barat, Perairan Mentawai hingga Selat Sunda.

Suparwi menjelaskan, angin di perairan Bengkulu berhmebus dari Barat hingga Timur laut dengan kecepatan berkisar 05-22 knots. Selanjutnya angin di perairan Enggano berpeluang berhembus dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan antara 07-22 knots.

Sedangkan angin di perairan Barat Bengkulu berhembus juga dari arah barat hingga Utara dengan kecepatan berkisar 07-23 knots, di wilayah itu berpeuang hujan lebat. Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di seluruh wilayah P. Sumatera, Selat Malaka, wilayah Kep. Mentawai dan Samudera Hindia Utara Aceh hingga Selatan Jawa.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan 08 - 40 km/ jam atau 05 - 22 knots. Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya hujan ringan. sedang hingga lebat, terutama terjadi di Mukomuko dan Kota Bengkulu, dengan suhu udara berkisar 23-31 derajat celcius dan kelembaban antara 65-98 persen. Sedangkan di kabupaten Kaur berpeluang turun hujan lebat dari sore hingga malam hari, dengan suhu udara berkisar 22-30 derajat celcius dan kelembaban antara 68-100 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012