Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, segera memanfaatkan pasar kuliner Lapangan Negara Curup sebagai pusat jajanan makanan dan minuman di daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong Upik Zumratul Aini di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan saat ini pengelolaan pasar kuliner tersebut sudah diserahterimakan kepada pihaknya sehingga dalam waktu dekat ini segera difungsikan guna mendukung pariwisata Rejang Lebong.

"Kami  targetkan sebelum pelaksanaan Pilkades pada  20 Februari  wisata pasar kuliner ini sudah mulai beroperasi," jelas dia.

Pasar kuliner Lapangan Setia Negara Curup itu kata dia, akan ditempati oleh para pedagang makanan dan minuman yang berjualan di Pasar Mambo kawasan Pasar Bang Mego dan di lokasi lainnya, di mana penempatan pedagang ini tidak akan dilakukan dengan cara paksa.

"Penempatan pedagang wisata pasar kuliner ini tidak melalui upaya paksa, para pedagang yang akan menempatinya dilakukan secara sukarela atau yang bersedia pindah kesana saja. Saat ini era globalisasi sehingga kita tidak ada paksaan," tambah dia.

Di lokasi pasar kuliner ini kata dia, akan dilengkapi sarana pendukung yang memadai seperti ketersediaan air bersih, toilet hingga musola sehingga para pedagang maupun pembeli tidak kesulitan lagi untuk mencari toilet atau lainnya.

Sejauh ini pihaknya kata Upik, baru bisa menyediakan petak-petak berdagang  sehingga bagi pedagang yang akan membuat tenda untuk pembeli atau pelanggan mereka yang akan menyantap makanan dan minuman yang dijual di perbolehkan untuk memasang tenda bongkar pasang.

Sementara itu, untuk rencana pemindahan para pedagang Pasar Mambo ke wisata pasar kuliner beberapa hari ke depan pihaknya akan menggelar rapat dengan Polres Rejang Lebong, Satpol-PP, bagian hukum, Disperindagkop dan UKM sehingga proses pemindahan pedagang ini tidak menimbulkan gejolak.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020