Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan puluhan pedagang khusus makanan dan minuman akan menempati kawasan wisata Pasar Kuliner Curup.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong Upik Zumratul Aini di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan pasar kuliner yang berada di Lapangan Setia Negara Curup tersebut dalam waktu dekat ini akan segera difungsikan, di mana pedagang khusus makanan dan minuman yang menempatinya tercatat sudah ada 23 orang.

"Saat ini sudah ada 23 pedagang yang biasa berjualan di Pasar Mambo Bang Mego yang menyatakan bersedia untuk di relokasi ke tempat wisata pasar kuliner yang ada di Lapangan Setia Negara Curup," ujar dia.

Pemindahan pedagang makanan dan minuman yang biasa berjualan pada malam hari di kawasan Pasar Bang Mego ke Pasar Kuliner Curup itu sendiri tambah dia, masih menunggu jadwal Bupati Rejang Lebong untuk peresmiannya.

Pemanfaatan wisata pasar kuliner daerah itu sebelumnya sudah mereka rencanakan akan ditandai dengan acara seremonial yang dilaksanakan sebelum Pilkades serentak pada 20 Februari nanti, namun karena jadwal bupati daerah itu cukup padat sehingga kegiatan ini baru akan dilaksanakan pada pembukaan pasar Ramadhan pada April nanti.

Sesuai dengan konsep pemanfaatan pasar kuliner yang dibangun sejak 2017-2018 yang menelan anggaran lebih dari Rp2 miliar itu sebelumnya para pedagang yang akan menempati lapak-lapak di pasar kuliner di Lapangan Setia Negara Curup ini digratiskan biaya sewa selama satu tahun pertama dan hanya di wajibkan membayar uang listrik sesuai dengan penggunaannya.

"Untuk penarikan retribusinya harus dibahas dulu dengan dinas instansi terkait lainnya, apakah ini akan ditarik retribusi atau tidaknya termasuk besarannya sendiri akan mereka rapatkan dahulu dengan pihak-pihak terkait," urainya.

Sebelumnya Pemkab Rejang Lebong melalui Disperindagkop dan UKM pada 2017-2018 membangun pasar kuliner di Lapangan Setia Negara Curup dengan anggaran lebih dari Rp2 miliar dengan pekerjaan pembangunan 50 kios, dua pos jaga serta mushola.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020