Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Kepala Administrator Pelabuhan Pulau Baai, Bengkulu Pieter Fina mengatakan kapal feri Pulo Tello akan menyeberang ke Pulau Enggano sebab kondisi cuaca bagus.

"Menurut prakiraan BMKG cuaca hari ini dan besok bagus di perairan Enggano, jadi kapal feri Pulo Tello akan berangkat sore ini," katanya di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan sekitar 300 orang penumpang tujuan pulau terluar itu dapat berangkat dengan kapal feri Pulo Tello yang sekaligus akan melanjutkan pelayaran ke Jakarta untuk perbaikan rutin atau docking.

Sebelumnya rapat koordinasi antara Adpel, Angkutan Sungai Danau dan Perairan (ASDP) di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu memutuskan penyeberangan ke Pulau Enggano ditutup hingga 20 Januari karena cuaca buruk.

"Cuaca hanya dapat diprediksi, karena prediksi hari ini cuaca memang cerah dan tenang jadi memungkinkan untuk berangkat," tambahnya.

Selain itu, kapal feri Pulo Tello hanya mengantarkan penumpang ke Pulau Enggano dan tidak akan kembali ke Kota Bengkulu sebab harus melakukan docking di Jakarta.

Sebelumnya Kepala ASDP Bengkulu Dadan Hermawan mengatakan kapal feri Pulo Tello akan naik dok selama satu bulan.

"Karena surat jalan untuk angkutan penumpang memang sudah mati karena saatnya naik dok, tapi karena sekali lewat ke Jakarta, sekalian mengantar penumpang ke Enggano," kata Dadan.

Warga Pulau Enggano menyambut baik keputusan Adpel dan ASDP yang mengizinkan kapal berlayar ke pulau berpenghuni lebih 1.800 jiwa itu.

"Karena persediaan bahan pokok sudah menipis dan banyak warga yang sudah menunggu pelayaran selama dua minggu untuk pulang ke Enggano," kata tokoh masyarakat Pulau Enggano, Rafli Zen Kaitora.

Ia mengharapkan pemerintah daerah mempercepat proses tender kapal perintis sehingga dapat segera beroperasi.

Kapal feri Pulo Tello dan perintis merupakan dua kapal yang rutin melayari Kota Bengkulu-Pulau Enggano dimana jadwal feri dua kali dalam sepekan dan kapal perintis sekali dalam 10 hari (ANT)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013