Jayapura (ANTARA Bengkulu) - Tokoh adat Papua dari Kampung Waena, Kota Jayapura yang juga pelaku sejarah Pepera 1969, meminta dan mengimbau enam kandidat gubernur dan wakil gubernur menjaga keamanan dan kedamaian yang sudah tercipta selama ini.

"Keamanan dan rasa kedamaian itu perlu dijaga, dan para kandidat gubernur dan wakil gubernur yang saat ini sedang berkampanye harus bisa melakukan itu," kata Ramses Ohee di Jayapura, Selasa.

Menurutnya,  para kandidat gubernur dan wakil gubernur harus berperan aktif menjaga keamanan dan kedamaian selain anggota TNI/Polri. Mereka bisa  mengimbau lewat orasi dalam berbagai kampanye di daerah-daerah bahwa ketenteraman dan kedamaian itu perlu dikedepankan.

"Para kandidat gubernur bisa mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat untuk  membantu menjaga dan melestarikan kedamaian yang telah tercipta selama ini," katanya.

Ia juga mengatakan para kandidat gubernur dan wakil gubernur Papua yang ada saat ini merupakan putra terbaik dan juga anak adat yang memiliki berbagai pengalaman di bidangnya masing-masing.

Untuk itu, kata dia, dalam setiap kampanye di berbagai daerah baik  di pesisir, lembah maupun pegunungan harus selalu mengedepankan sikap santun serta cara yang elegan untuk menarik simpati masyarakat.

Ramses yang juga Ketua Umum Barisan Merah Putih (BMP) Papua mengatakan dalam hal menjaga kedamaian dan keamanan, pihak adat dan agama juga mempunyai peran penting yang bisa disampaikan dalam pertemuan resmi maupun informal.

"Apalagi dalam pesta demokrasi lima tahunan di provinsi paling timur Idonesia itu akan berlangsung pada 29 Januari 2013," katanya.

Ia mengatakan, yang harus menjaga keamanan dan ketertiban di saat Pilkada Papua itu bukan hanya TNI/Polri, tetapi juga  merupakan bagian dari tanggung jawab para kepala suku, tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda.

Pilkada Papua akan berlangsung 29 Januari 2013, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 2.705.775 orang yang terdiri atas laki-laki 1.452.196 orang dan perempuan 1.253.579 orang yang tersebar di 6.961 TPS.

Enam kandidat gubernur dan wakil gubernur Papua yang saat ini sedang melakukan kampanye adalah pasangan calon Noack Nawipa-Jhon Wob, MR Kambu-Blasius Pakage, Lukas Enembe-Klemen Tinal, Welington Wenda-Waynand Watori, Alek Hesegem-Marthen Kayoi dan Habel Melkias Suwae-Yop Kogoya. (ANT)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013