Sebanyak 415 atlet dari berbagai perkumpulan renang di Sumatera mengikuti kejuaraan renang Tirta Cempaka Fun Swimming Championship I Sumatera 2020 di kolam renang Rafflesia, Kota Bengkulu.

Ketua panitia kegiatan Jimi Ardianto mengatakan, ajang ini diikuti atlet renang asal Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jambi, Provinsi Kepulauan Riau dan tuan rumah Provinsi Bengkulu.

Kejuaraan ini mempertandingkan enam kelompok umur yakni kelompok umur 18 tahun, kelompok umur 14-15 tahun, kelompok umur 12-13 tahun, kelompok umur 10-11 tahun, kelompok umur 08-09 tahun dankelompok umur 06-07 tahun.

"Jumlah lomba yang dipertandingkan ada 112 nomor. Ada 1.100 nomor yang diambil oleh peserta. Jadi acara kita sangat padat selama dua hari ke depan. Sistem pertandingan yang dipakai adalah final rule yang didukung dengan aplikasi PRSI," jelas Jimi di Bengkulu, Sabtu (14/3).

Sementara itu, Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Provinsi Bengkulu Erna Sari Dewi berharap kompetisi ini bisa melahirkan atlet-atlet berbakat khususnya bagi Provinsi Bengkulu. Kata Erna, selain pembinaan prestasi, kompetisi ini juga merupakan upaya promosi potensi wisata Bengkulu.

"Saat ini Bengkulu sendiri sudah punya sejumlah atlet yang mampu ukir prestasi di level nasional. Kita harapkan kompetisi ini bisa digelar setiap tahun sehingga ada banyak atlet Bengkulu atau asal Sumatera yang berprestasi di level yang lebih tinggi lagi," papar Wakil Ketua DPRD Provinsi Bengkulu tersebut.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020