Bahan utama pembuatan hand sanitizer atau pembersih tangan seperti alkohol, minyak untuk bayi atau baby oil mulai langka dan walaupun ada harganya mahal.

"Bahan alkohol mulai langka padahal sangat dibutuhkan untuk membuat hand sanitizer sendiri," kata Nurdin saat ditemui di apotik di pasar Panorama Kota Bengkulu. 

Ia mengatakan berinisiatif membuat sendiri cairan pembersih tangan karena produk hand sanitizer di pasaran menghilang atau habis.

Ia pun membeli alkohol 70 persen 100 ml seharta Rp9 ribu dan isi 200 ml yaitu Rp15 ribu sedangkan aloevera sekitar Rp30 ribu lebih dan untuk baby oil kosong. 

Sementara itu warga lainnya Debbi mengatakan sejumlah pedagang menaikkan harga alkohol seperti isi 200 ml dipatok harga Rp35 ribu di salah satu apotik

Ia pun terpaksa membeli karena tidak ada pilihan lain sebab dirinya telah mencari di berbagai apotik di Kota Bengkulu namun stok kosong. 

Debbi berharap agar pihak apotik tidak mengambil kesempatan untuk menaikkan harga jual ditengah kepanikan masyarakat karena virus Covid-19.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020