Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memberikan bantuan insektisida dan fungisida untuk mengendalikan penyakit blast atau patah leher dan jamur yang menyerang tanaman padi milik Kelompok Tani Sido Mukti Desa Tirta Makmur, Kecamatan Air Manjuto.

“Kami memberikan bantuan fungsisida sebanyak lima liter dan insektisida sebanyak lima liter kepada Kelompok Tani Sido Mukti di Desa Tirta Makmur,” Kasi Proteksi Tanaman Pangan dan Holtukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wal Asri di Mukomuko, Sabtu.

Dinas Pertanian setempat memberikan bantuan fungisida dan insektisida guna menindaklanjuti surat permohonan bantuan pestisida untuk budidaya tanaman padi dari Kelompok Tani Sido Mukti Desa Tirta Makmur, Kecamatan Air Manjuto.

Dinas Pertanian setempat memberikan bantuan pestisida kepada kelompok tani ini untuk mengurangi tanaman padi yang rusak akibat diserang penyakit blast selama berlangsungnya kegiatan musim tanam (MT) satu padi sawah Tahun 2020 di daerah ini.

Selain itu, katanya, untuk mengantisipasi meluasnya serangan penyakit blast dan jamur yang menyerang tanaman padi milik kelompok tani ini dan kelompok tani lainnya yang berada di sekitar wilayah ini.

Ia menyebutkan, seluas sekitar 23 haktare lahan persawahan milik Kelompok Tani Sido Mukti Desa Tirta Makmur, Kecamatan Air Manjuto, namun tidak seluruh tanaman padi di lahan seluas itu yang diserang penyakit tersebut.

“Hanya sebagian kecil saja tanaman padi di lahan persawahan seluas itu yang diserang penyakit blast dan jamur. Dan tanaman padi yang telah diserang penyakit ini tidak semua rusak karena cepat segera dikendalikan menggunakan insektisida dan fungisida,” ujarnya.

Selanjutnya, ia mengatakan, anggota kelompok tani ini secara swadaya mengunakan bantuan insektisida dan fungisida untuk mengendalikan penyakit blast dan jamur yang menyerang tanaman padi.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020