Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri Pertamina memastikan ketersediaan bahan bakar minyak ntuk masyarakat sekaligus menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), menjaga jarak aman, dan standar pencegahan penyebaran Covid-19 lainnya. 

Pertamina Region Sumatera Bagian Selatan melalui Refinery Unit III (RU) Plaju dan Marketing Operation Region (MOR) II terus berkomitmen untuk memproduksi energi berkualitas dan menjaga keamanan serta stok di seluruh lembaga penyalur yang ada.  

General Manager RU III Plaju, Iman Syafirman menyatakan, produksi kilang RU III saat ini siap mensuplai produk-produk berkualitas guna memuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1441Hijriah.

“Saat ini kapasitas produksi kami turunkan menyesuaikan dengan permintaan yang menurun. Namun beberapa produk unggulan seperti Polipropilen, masih kami produksi dengan kapasitas penuh.  Adapun total hasil produksi rata-rata kilang RU III Plaju sepanjang bulan April 2020 untuk produk Premium sebanyak 210,3 Million Barrel (MB) dan Solar/BioSolar 238.3 MB, serta LPG 1396,28 Metric Ton (MT), ” jelas Iman.

Pendistribusian hasil produk kilang RU III Plaju, didukung penuh melalui Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel yang melakukan pengiriman produk-produk ke lembaga penyalur yang tersebar ke lima provinsi yaitu Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Lampung dan Bangka – Belitung dengan rincian 585 SPBU, 382 agen LPG serta 15 ribu lebih pangkalan LPG PSO dan Non PSO. Meski ada tren konsumsi yang berbeda pada masa Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini karena adanya pandemic Covid-19, namun Pertamina memastikan keamanan stok semua produk akan tetap terjamin.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini diprediksi tetap akan memberikan dampak penurunan konsumsi BBM, karena masyarakat mengikuti himbauan pemerintah untuk #dirumahsaja mengurangi aktivitas diluar.  Namun, di sisi lain, ada peningkatan konsumsi pada LPG baik 3 kg maupun LPG non subsidi, Bright Gas,” tutur General Manager MOR II Sumbagsel, Asep Wicaksono Hadi.

Untuk prediksi konsumsi BBM di wilayah Sumbagsel, jenis Gasoline seperti Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo mengalami kenaikan hanya 0,6%, sedangkan Gasoil seperti Solar/BioSolar, Dexlite dan Pertamina Dex akan mengalami penurunan mencapai 14%.  Dengan adanya situasi pandemic COVID-19 ini, Pertamina juga turut mengajak masyarakat untuk ikut memutus rantai penyebaran virus dengan tetap berada di rumah dan tidak melakukan kegiatan mudik nantinya.

Pewarta: Gogo Priogo

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020