Juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Selatan dr.Zen Ahmad SpPD (K) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai orang tanpa gejala yang bisa terpapar virus corona jenis baru atau COVID-19.

Bisa saja karena sudah terjadi penularan di masyarakat oleh orang tanpa gejala (OTG) sehingga perlu selalu waspada, kata jubir dalam rilisnya di Palembang, Sabtu.

Baca juga: Di OKU, ada tiga pasien positif corona tanpa gejala

Baca juga: Tes swab bayi 4 bulan asal Ogan Ilir positif COVID-19

"Mereka ini (OTG) mungkin ada di sekitar kita tapi kita tidak tahu. Makanya selalu saya imbau untuk lakukan physical distancing, jaga jarak satu dengan lainnya," kata dia.

Selain itu bila keluar rumah atau kemana-mana pakai masker. Karena dengan masker bisa mencegah COVID -19 masuk saluran pernafasan, ujar dia.

Dia juga minta jika tidak begitu mendesak masyarakat agar tidak datang dan bepergian ke tempat ramai. Termasuk kongkow di warung kopi, cafe dan sejenisnya.

Yang tidak kalah penting tetap perkuat imun. Cukup istirahat, cukup tidur dan asupan gizi serta sering-sering mencuci tangan dengan air mengalir usai menyentuh benda apapun, kata dia.

Baca juga: Hari ini, batas wilayah masuk Palembang sudah ditutup

Baca juga: Perempuan PDP di OKU meninggal dunia dan dimakamkan standar COVID-19

Dengan kesadaran bersama untuk melakukan pencegahan, serta doa, optimistis hari-hari ke depan tidak ada lagi penambahan kasus terkonfirmasi positif di Sumsel.

Menurut dia, kabar baiknya hingga Jumat petang jumlah pasien sembuh bertambah satu orang jadi totalnya ada lima orang dan kasus meninggal dunia tetap tiga orang.

Sementara itu secara keseluruhan jumlah PDP hingga Jumat 147 orang, PDP selesai pengawasan 78 orang, PDP dalam proses pengawasan 69 orang, dan penambahan PDP 6 orang.

Adapun sampel yang diperiksa laboratorium sebanyak 487 orang (OTG = 292, PDP = 163, ODP = 32). Kemudian jumlah sampel positif 106 orang, jumlah sampel negatif 129 orang, dan sampel yang masih proses pemeriksaan 252 orang.

Pewarta: Ujang Idrus

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020