Lima orang alumni Universitas Bengkulu (Unib) dinyatakan lulus untuk melanjutkan studi S2 di Ming Chi University of Technology (MCUT) di Taiwan. Kelima Alumni tersebut adalah Aji Pemungkas Trinurcahyo, ST., Dimas Trio Putro, ST., Heru Syah Putra, ST., Rispandi, ST., dan Mukti Trio Putra, SE.

Kepala UPT Kerja Sama dan Layanan Internasional Unib Dedi Suryadi  di Bengkulu, Minggu mengatakan kelima alumni S1 tersebut diterima di program master yang berbeda.

Ia mengatakan Dimas Trio Putro dan Rispandi diterima di program master Mechanical and Electro-Mechanical Engineering, kemudian Aji Pemungkas Trinurcahyo dan Heru Syah Putra diterima di program master Electronic Engineering sedangkan Mukti Trio Putra diterima di program master Business Administration. 

 “Tahun ini ada 18 mahasiswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa ini dan lima orang dari Unib," katanya.

Kelima alumni Unib ini juga menambah daftar alumni Unib yang telah mendapatkan beasiswa serupa dari Ming Chi University. Sebelumnya pada 2019 dua alumni Unib juga memperoleh beasiswa yang sama, mereka adalah Haryanto dan Rika Permata Sari.

Mukti Trio Putra salah seorang penerima beasiswa menyampaikan terimaksihnya kepada seluruh pihak khususnya kepada Universitas Bengkulu yang telah membuka peluang tersebut.

Melalui program student mobility program dari KSLI kata dia membuat dirinya berkesempatan meraih beasiswa tersebut.

Mukti juga merupakan alumni program Student Mobility pada 2018 yang melaksanakan belajar singkat selama dua minggu di MCUT.

Program Beasiswa S2 Ming Chi University of Technology (MCUT) merupakan kerja sama antara Universitas Bengkulu dan MCUT yang telah dimulai sejak 2017. Selain beasiswa S2 bagi alumni Unib ini ada juga program fast track 3+2 yang sebentar lagi juga akan diumumkan oleh MCUT. Program 3+2 ini merupakan program percepatan penyelesaian studi S1 dan S2 secara langsung.

Mahasiswa Unib yang lolos seleksi program ini akan menyelesaikan perkuliahan selama 3 tahun di Unib, kemudian selama satu tahun mengambil beberapa mata kuliah serta melakukan penelitian di Taiwan, dan kembali ke Unib untuk mendapatkan gelar S1 dari Universitas Bengkulu kemudian melanjutkan studi berikutnya di MCUT selama satu tahun dan memperoleh gelar S2 disana. Mahasiswa yang lolos seleksi akan mendapatkan dua gelar yakni S1 dari Unib dan S2 dari MCUT.

Pewarta: Gogo Priogo

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020