Los Angeles (Antara Bengkulu) - Bintang remaja film pendek yang dinominasikan sebagai peraih Oscar dari Afghanistan tiba di Los Angeles, Rabu (20/2), untuk menghadiri Academy Awards, setelah mereka melancarkan kegiatan Internet untuk mengumpulkan cukup uang guna membiayai perjalanan mereka.

Aktor "Buzkashi Boys" --Fawad Mohammadi dan Jawanmard Paiz-- dijadwalkan berjalan di permadani merah dan berdampingan dengan bintang besar Hollywood di Dolby Theater di Los Angels pada Ahad malam.

Film itu berpusat pada dua anak yang tumbuh besar di Kabul. Mereka bermimpi menjadi penunggang Buzkhashi --penunggang kuda yang bersaing dalam olah raga nasional berbahaya di Afghanistan yang serupa dengan polo. Dalam acara tersebut, para penunggang kuda berusaha membawa bangkai kambing tanpa kepala menuju garis gawang.

Film itu memberi sutradara AS Sam French nominasi Oscar buat Best Live Action Short Film.

Produsennya melancarkan kegiatan tersebut sebab, kata mereka, mereka kekurangan anggaran perjalanan buat aktor yang berusia 14 tahun itu.

"Aku sangat gembira dan bergairah," kata Fawad Mohammadi kepada Reuters --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis siang-- di Bandar Udara Internasional Los Angeles, setelah terbang lebih dari 18 jam dari Ibu Kota Afghanistan, Kabul. "Aku tak bisa mengungkapkan perasaanku."

Sebanyak 237 orang menyumbang uang untuk biaya perjalanan itu, dan terkumpul 11.751 dolar AS --melebihi sasaran 10.000 dolar, kata jejaring pengumpul dana Rally.org.

Sumbangan diterima dari 13 negara, termasuk Afghanistan sendiri, India, Jerman dan Amerika Serikat.

Turkish Airlines menyumbang tiket buat Fawad Mohammadi, Jawanmard Paiz dan seorang pendamping.

Fawad Mohammadi, aktor amatir dengan mata hijau, menarik perhatian setelah peluncuran film tersebut tahun lalu, karena kisah pribadinya sebagai pemuda tanpa ayah yang tumbuh dengan menjual map Kabul kepada wisatawan di Pasar Chicken Street.

Kedua remaja itu mengatakan mereka ingin bertemu dengan semua aktor selama satu pekan mereka berada di Hollywood. Mereka juga berencana mengunjungi taman hiburan Disneyland dan Universal Studios. (Antara)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013