Jajaran Kodim 0409/Rejang Lebong, Bengkulu, saat ini tengah mengasah kemampuan prajurit TNI dalam penanggulangan bencana non alam yakni penyebaran COVID-19 di wilayah itu.

Kepala Staf Korem 041 Garuda Mas (Gamas) Bengkulu Letkol Arh M Fatkhurrahman di Makodim 0409/Rejang Lebong, Selasa, mengatakan peningkatan kemampuan personel TNI dalam penanggulangan pandemi COVID-19 tersebut digelar dalam kegiatan gladi Posko I di Kodim 0409/Rejang Lebong selama tiga hari terhitung 9-11 Juni.

"Kegiatan ini merupakan latihan rutin yang dilakukan satuan setingkat kodim dengan penyelanggarannya adalah Korem 041 Garuda Mas Bengkulu," kata dia.
Dia menambahkan, kegiatan gladi Posko I ini dilaksanakan setiap tahunnya, di mana pada tahun ini dipusatkan di Kodim 0409/Rejang Lebong, dengan materi yang diberikan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Pada kegiatan gladi Posko I tahun ini anggota TNI diberikan pelatihan penanggulangan non bencana alam yakni pandemi COVID-19 yang saat ini sedang melanda Tanah Air dan berbagai negara di belahan dunia tersebut.

Dia berharap, kegiatan yang akan dilaksanakan ini bisa mengasah kemampuan prajurit TNI yang ada di Kodim 0409/Rejang Lebong dengan mengerti dan memahami fungsi mereka serta dapat bersinergi dengan pihak-pihak terkait atau dinas terkait dalam menangani COVID-19.

Sementara itu, Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Inf Sigit Purwoko menyatakan penyelenggaran gladi Posko I di wilayah itu sangat bermanfaat guna persiapan dan melatih kemampuan seluruh jajaran Kodim 0409/Rejang Lebong terutama antara Dandim dengan perwira staf yang ada di Kodim 0409/Rejang Lebong.

"Dalam pelaksanaannya, kita mendapat informasi dari lapangan terkait dengan bencana yang terjadi, kemudian data atau informasi tersebut kita sikapi termasuk berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya," ujar Dandim.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020