Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, M Fikri-Samuji dipastikan melenggang ke Pilkada setempat yang akan dihelat 9 Desember 2020 mendatang setelah resmi diusung Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Perindo dengan total perolehan enam kursi dewan.

Ketua DPW Perindo Provinsi Bengkulu Yurman Hamedi usai menyerahkan SK penunjukan pasang Fikri-Samuji sebagai calon yang akan mereka usung dalam Pilkada Rejang Lebong, bertempat di Sekretariat DPD Perindo Rejang Lebong di Kecamatan Selupu Rejang, Kamis, mengatakan jika SK penunjukan pasangan itu jauh hari sudah ditandatangani pimpinan parpol yakni pada 21 Februari 2020 lalu.

"SK penunjukan pasangan ini sudah ditandatangi ketua umum Perindo dan Sekjen Perindo pada tanggal 21 Februari 2020 lalu, dan baru diserahkan hari ini," kata dia.

Dia menambahkan, SK penunjukan pasangan ini tertuang dalam surat SK DPP Perindo No.024-SR/DPP-PARTAI PERINDO/II/2020, terbit lebih cepat karena partai itu mempercayakan penunjukan calon mulai dari tahapan tingkat DPD Perindo Kabupaten Rejang Lebong, kemudian naik ke DPW dan DPP, karena lebih mengetahuinya adalah DPD partai tersebut.

"Karena yang mengerti Rejang Lebong adalah masyarakat Rejang Lebong, maka pada saat itu kami mengulang verifikasi, fit and proper test terhadap calon-calon, maka kami melihat calon yang cukup untuk syarat bagi Partai Perindo yaitu saudara Fikri dan Samuji," jelasnya.

Setelah yakin dengan pasangan ini maka pihaknya hanya mengajukan satu pasangan ini saja, dan selanjutnya DPP Perindo tidak melakukan verifikasi dan menyetujui calon yang diajukan.

Sementara itu, M Fikri dalam kesempatan itu mengatakan, jika mereka sudah memenuhi syarat minimal untuk pencalonan bupati dan wakil bupati daerah itu yakni minimal memiliki dukungan enam kursi dewan, di mana saat ini Partai Perindo memiliki empat kursi di DPRD Rejang Lebong ditambah dua kursi perolehan PAN.

Sejauh ini kata dia, masih ada beberapa parpol lainnya yang akan menyampaikan dukungannya namun belum diketahui dari partai mana dan berapa jumlah kursi dewannya. Namun dengan penunjukan oleh kedua parpol ini dirinya bersama pasangannya sudah bisa maju sebagai salah satu kontestan di Pilkada Rejang Lebong pada 9 Desember 2020 mendatang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020