Padang (Antara Bengkulu) - Sebanyak 150 orang peserta mengikuti kejuaraan golf Walikota Padang di lapangan Golf Ulu Gadut Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.

"Dalam rangka 9 tahun kepemimpinan saya di Kota Padang, menggelar kejuaran golf memperebutkan piala Walikota," kata Walikota Padang, Fauzi Bahar, di Padang, Sabtu.

Menurut dia, kejuaraan ini lebih untuk menggairahkan olahraga golf di Kota Padang agar peminat olahraga ini semakin terakomodir serta diminati semua kalangan masyarakat.

"Sepanjang tahun dapat dilangsungkan sesering mungkin turnament di lapangan golf yang ada di Kota Padang, untuk menggairahkan olahraga golf," ungkap dia.

Kejuaraan golf hendaknya tidak hanya sekadar dijadikan sebagai agenda rutin, tetapi lebih dari itu kegiatan ini harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin sebagai sarana komunikasi yang efektif serta penyaluran bakat dan penggalian atlet.

"Agar pembinaan atlet golf bisa berjalan berkesinambungan kejuaraan ini harus dikembangkan lagi dalam kelompok umur maupun kelas perlombaan agar atlet pemula berani menyalurkan bakat tampil di arena lomba," ujar Fauzi Bahar.

Fauzi Bahar berharap berbagai perusahaan BUMN dan BUMD yang ada di Kota Padang untuk mendukung dan berpartisipasi menjadi member. "Dukungan dana dari para member ini bisa direalisasikan untuk peningkatan sarana dan prasarana serta pengembangan lapangan golf,"ungkap dia.

Sementara itu Edi Hasymi Ketua penyelenggara mengatakan, cukup banyak peminat yang mendaftar untuk terjun dalam turnamen ini, termasuk dari berbagai pejabat dari daerah kabupaten dan kota lain di Sumatera Barat.

"Ternyata untuk golfer dalam kota Padang sendiri cukup banyak peminatnya sehingga kita terpaksa membatasi hingga 150 peserta mengikuti kejuaran golf Walikota Padang," kata dia.

Menurut dia, kejuaran golf walikota Padang memperebutkan satu unit mobil Mitsubishi dan satu unit mobil Avanza untuk yang berhasil "hole in one".

"Panitia juga menyediakan hadiah uang tunai bagi pemenang serta puluhan doorprize kepada peserta yang mengikuti kejuaran golf walikota padang," ungkap dia.

Adanya tournament ini bisa menjadi ajang latihan bagi golfer - golfer pemula karena kesempatan untuk latihan pada hari - hari biasa sangat terbatas. "Kejuaraan golf ini sering digelar sehingga akan meningkatkan kapasitas dari pegolf pemula di Kota Padang," ujar dia.

Pewarta: Oleh Derizon Yazid

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013