Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Restu S Wibowo menyebutkan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada 2020 di daerah itu melibatkan sebanyak 575 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP).

Restu di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan coklit data pemilih tersebut akan dilaksanakan di 156 desa dan kelurahan yang tersebar di 15 kecamatan di Rejang Lebong terhitung 15 Juli hingga 13 Agustus 2020.

"Pelaksanaan coklit dilakukan oleh 575 PPDP. Dalam menjalankan tugasnya mereka dibekali dengan APD pencegahan COVID-19 serta menjalani tes cepat," kata dia.

Dia menambahkan PPDP ini akan mendatangi satu per satu rumah penduduk guna melakukan coklit data pemilih sebanyak 211.142 orang.

"Data pemilih yang akan dicoklit ini merupakan daftar pilih tetap (DPT) pemilu terakhir, daftar pemilih khusus (DPK), dan daftar pemilih baru berdasarkan hasil sinkronisasi data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4)," katanya.

Pada pelaksanaan coklit hari pertama besok (Rabu,15/7), kata Restu, juga akan dilaksanakan gerakan klik serentak yang diikuti sejumlah daerah di Tanah Air yang melaksanakan Pilkada 2020 dan akan dibuka langsung oleh KPU RI.

"Gerakan klik serentak itu untuk mengetahui atau mengecek data diri di website lindungihakpilihmu.kpu.go.id, yang akan dibuka KPU RI, Rabu (15/7) pukul 10.00 WIB," katanya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020